Thursday, October 04, 2007

Pemegang Credit Card, Berhati-Hatilah

Apakah kita adalah pemegang credit card ?

Jika ya, tentunya kita sudah merasakan keuntungan memanfaatkan barang yang satu ini. Namun bisa jadi, kita justru merasa lebih dirugikan dengan harus membayar, membayar, dan membayar yang tiada henti-hentinya.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita perhatikan tentang credit card :
  1. Usahakan semaksimal mungkin kita tidak terlambat dalam melakukan pembayaran tagihan. Kalau perlu lakukan pembayaran pada H-2, atau lebih awal lebih baik lagi. Catat baik-baik tanggal jatuh tempo. Simpan pada reminder di handphone. Lingkari tanggal tersebut pada kalender. Jika memungkinkan buat countdown dan pasang di dinding kamar kita.
  2. Misalnya pagu yang diberikan adalah 5 juta, maka kita harus memastikan yang kita gunakan adalah tidak lebih dari 4,7 juta. Jangan sekali-kali menggunakan hingga melebihi pagu yang diberikan. Lho mengapa kok hanya boleh 4,7 juta saja ? Yang 300rb digunakan untuk jaga-jaga apabila ada biaya-biaya administrasi yang tidak kita ketahui. Misalnya biaya tahunan, interest, dan lain-lain.
  3. Jika kita ingin mentransfer saldo hutang kita di credit card A ke credit card B, dengan harapan bunga / APR yang lebih rendah, maka lakukan dengan penuh seksama. Jangan sampai biaya transfer tersebut lebih merugikan kita dari pada tetap bertahan pada credit card A. Hati-hati pula dengan penawaran bunga yang lebih rendah di credit card B, padahal ternyata hanya berlaku untuk 6 bulan pertama. Sementara untuk bulan-bulan berikutnya ternyata lebih besar dari pada yang dikenakan oleh credit card A.
  4. Jangan sekali-sekali berpikir untuk melakukan penarikan uang tunai dari credit card kita. Kecuali jika benar-benar sangat terpaksa. Setiap penarikan uang tunai akan dikenakan bunga yang lebih besar dari pada belanja. Selain itu juga ada biaya administrasi penarikan yang memiliki nilai minimum, misalnya 40rb.
Semoga bermanfaat.

4 comments:

Anonymous said...

Menarik sekali.
Sebenarnya, pakai kartu kredit bisa untung juga, yaitu kalau kita selalu bayar lunas setiap terima tagihan setiap bulan. Karena dgn begitu, belanja kita 'ditalangi' dulu oleh mereka, dan uang kita bisa duduk manis di bank, sampai tagihan datang.
Konon, kalau semua pemegang kartu kredit bayar lunas tiap bulan, perusahaan kartu kredit bakal rugi, karena untungnya gak cukup utk nutup biaya infrastruktur teknologi yg jelas mahal.
Sayangnya mayoritas kita lebih seneng 'ngutang'...

Anonymous said...

4. kalo kepepet perlu ngambil duit tunai, biasanya orang pura2 transaksi di toko emas. jadi pura2 beli emas, padahal beli uang tunai. akal2an gini bisa jadi lebih murah daripada ngambil di ATM.

eh, tapi nggak semua toko emas mau ngelayani transaksi beginian.

Salim Suharis said...

Sebenarnya lebih untung lagi jika kita bayar sebelum tagihan dicetak. Kita baru pakai setelah dicetak, dan kita bayar lunas sebelum di cetak. :)

Amisha said...

BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

Nama saya Amisha dari bogor di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah FANCY LOAN COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya

Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).