Thursday, October 25, 2007

Kiat Keluar Dari Jeratan Hutang Kartu Kredit

Salah satu hal yang menjadi bagian dari lifestyle masyarakat kota saat ini adalah kartu kredit. Banyak sekali manfaat kartu kredit yang dapat dirasakan oleh penggunanya. Namun dari sekian pengguna kartu kredit, banyak yang terperosok ke dalam jurang hutang yang tiada henti-hentinya. Mereka sering mengeluhkan tentang kekejaman para debt collector yang terus membombardir mereka dengan teror dering telepon yang seakan tiada henti.

Nah, bila kita masuk pada kelompok yang terjerat hutang kartu kredit, maka ada sedikit kiat-kiat yang dapat dilakukan :
  • Pastikan bahwa kartu kredit kita untuk sementara disimpan dahulu di laci meja, sehingga tidak memancing keinginan untuk menggunakannya.
  • Selanjutnya buatlah daftar hutang kartu kredit tersebut dari bank mana saja, dan berapa jumlahnya.
  • Tentukan untuk setiap kartu kredit tersebut, kira-kira berapa yang dapat kita bayar setiap bulannya dari penghasilan kita. Jangan lupa, sesuaikan pula dengan kebutuhan rutin lainnya. Jangan sampai usaha melunasi kartu kredit membuat kita tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok lainnya.
  • Alokasikan pembayaran lebih tinggi pada kartu kredit yang menerapkan bunga lebih tinggi.
  • Lakukan pembayaran begitu kita menerima gaji, jangan ditunda-tunda lagi.
  • Kita dapat menggunakan kembali kartu kredit kita, setelah terlunasi semua, atau setidaknya hutang tersisa tinggal di bawah 1 juta (atau nilainya disesuaikan dengan kemampuan kita mengelola kartu kredit).
  • Setelah terbebas dari hutang kartu kredit, gunakan kartu kredit secara bijak. Lunasi semua tagihan sebelum tagihan tercetak. Kita dapat mengetahui besarnya tagihan melalui call center, atau melalui mesin ATM.
Semoga bermanfaat.

2 comments:

Anonymous said...

Bung Salim, saya adalah contoh orang yang terjerumus ke dalam lembah hutang kartu kredit. Setahun lalu saya memiliki 10 kartu kredit dengan total tagihan mencapai 70juta yang semuanya macet. Yang namanya debt collector sudah seperti jamur di musim hujan. Mereka semua "minta makan". Alhamdulillah bulan ini tagihan saya tinggal 15juta. Dan insya allah lima bulan ke depan saya ikrar kan diri bebas dari hutang kartu kredit. Selama saya berjuang melawan hutang kartu kredit ini saya jadi melek, ternyata banyak sekali orang-orang yang terjebak ke dalam jurang hutang kartu kredit ini. Dan banyak juga dari mereka yang nasibnya lebih buruk dari saya. Hal ini membuat saya berpikir, knapa tidak kita ingatkan kepada orang-orang yang belum tergelincir ke dalam hutang kartu kredit untuk berhati-hati terhadap sistem rente yang digunakan oleh bank penerbit kartu kredit. Mungkin ada ide untuk dibuat sebuah website yang content nya tentang nasib2 orang yang terjerat hutang kartu kredit dan bagaimana perlakuan bank terhadap mereka.

salam,
feri

Anonymous said...

Bung Salim, terimakasih atas masukannya. Untuk Bapa Feri, bagaimana cara Anda melunasi 70 jutadalam 1 tahun? boleh berbagi kiat-kiatnya?

thank you
Nti