Sunday, April 08, 2007

F1 Race : Sepang 2007

Musim balap 2007 kembali berlanjut. Sepang sudah mulai membahana oleh raungan deru mesin jet darat F1. Free Practice juga telah diselesaikan dengan tetap menempatkan Ferrari, McLaren, dan BMW sebagai tim unggulan.

Yang cukup mengejutkan, Hamilton pada FP3 mampu memimpin dengan 1:34.811.



Pada kualifikasi, sesi 1 memakan korban Barrichello. Sementara kedua pembalap renault dan Button menjadi harus tereliminasi pada sesi 2. Sementara McLaren, Ferrari, BMW, Toyota, dan William terus berebut mencari posisi tertinggi.

Sesi 3, sesi terakhir kualifikasi. Perburuan pole position tetap terjadi hingga waktu telah habis. Putaran terakhir, akhirnya Massa berhasil merebutnya dengan 1:35.043. Berikutnya Alonso (1:35.310), Raikkonen (1:35.479), dan Hamilton (1:36.045). Persaingan seru McLaren vs Ferrari.



Race dimulai !!!

Ferrari, McLaren, Ferrari, McLaren mewarnai baris pertama dan kedua start. Perebutan tikutang pertama sejak berhasil dimenangkan Alonso dan Hamilton. Membuat Massa dan Kimi harus tergeser ke posisi 3 dan 4.Selama lap 1 dan 2 tampak jelas, Hamilton berusaha membantu Alonso membuat jarak untuk mengamankan posisi.

Lap ke 3 Massa berusaha mendahului Hamilton hingga 2 kali, namun posisi 2 tetap berhasil direbut kembali oleh Hamilton. Usaha yang cerdas dari Hamilton.

Akhirnya usaha keras Massa dan disertai dengan sedikit nafsu harus menghantarkannya pada gravel. Posisi 3 diambil alih oleh Kimi. Dibelakang persaingan McLaren dan Ferrari, duo BMW mengikuti berusaha mencari peluang.

Lap 10, posisi Kubica harus rela diambil alih oleh Rosberg. Berikutnya justru Kubica memilih untuk pit, sehingga posisinya kembali didahului oleh kelompok Fisichella, Trulli, dan Kovalainen. Ketika kembali dia harus menempati posisi 18.

Hingga lap 15 tugas Hamilton menjaga Kimi tetap berhasil dipertahankan. Sementara Massa harus tertahan Heidfeld yang jaraknya semakin lama semakin jauh dari Hamilton dan Kimi.

Lap demi lap berlalu degan sedikit monoton. Hingga ketiga Rosberg harus out pada lap 44. Sementara pada lap 47, Kubica harus melintir di gravel. Posisi depan, tetap diduduki Alonso, Hamilton, dan Kimi.

Lap 49, Kimi semakin mendekati Hamilton hingga 3 detik. Massa masih tertahan di posisi 5. Sedangkan Alonso melenggang meninggalkan Hamilton dan Kimi hingga 20 detik.

Akhirnya, 2 lap tersisa, menyuguhkan persaingan sengit Kimi yang berusaha mengejar Hamilton untuk berebut posisi 2. Namun hingga race berakhir, Hamilton tetap mampu bertahan. Hasil akhir Alonso - Hamilton - Kimi. Pelaku podium yang sama dari race Melbourne sebelumnya. Hanya bergeser posisi.

McLaren menambah pundi-pundi point menjadi 32. Sementara Ferrari 23.
Alonso memimpin klasemen dengan 18 point, Kimi 16 point, sedangkan Hamilton 14 point.

Race yang menarik. Khususnya di tikungan pertama, tergelincirnya Massa, serta 2 lap tersisa.

Khusus untuk tergelincirnya Massa, Hamilton mengomentari bahwa sengaja dia melakukan sedikit trik. Wow, seorang rookie berhasil mengelabui pembalap nomor 1 Ferrari. Luar biasa.

No comments: