Thursday, January 14, 2010

Mozilla Firefox 3.6

Mohon maaf sebelumnya saudara-saudara. Bila sebelumnya saya berjanji untuk tidak menuliskan hal-hal yang berbau IT diblog ini, akhirnya dengan ini janji tersebut saya tarik. Lama-lama gatal juga tidak menulis sesuatu yang berbau IT di blog yang mungkin akhir-akhir ini sering saya tinggalkan. Tentu saja gara-gara si facebook itu ...

Mozilla Firefox 3.6. Masih RC version. Tapi sudah mampu membuat saya kagum. Tentu saja bila dibandingkan dengan versi 3.5 yang menurut saya adalah versi gagal dari Firefox. Bila pada versi sebelum 3.5 saya pernah membuka TAB hingga lebih dari 70 buah dalam satu window, dan semuanya berjalan lancar-lancar saja. Tidak demikian dengan versi 3.5. Saya sering dibuat frustasi ketika tiba-tiba komputer saya yang mulai masuk masa uzur harus terseok-seok. Hidup segan mati tak mau. Padahal belum sampe 50 TAB yang saya buka.



Saya mencoba membagi-bagi TAB menjadi beberapa window, ternyata sama saja. Total tidak sampe 50 TAB, memori yang terpakai sudah mencapai di atas 800.000 K. Luarrrr biasa.

Akhirnya saya lebih suka menggunakan Chrome buatan Google. Sebenarnya saya juga senang dengan Chrome, namun ada hal-hal yang membuat saya akhirnya lebih memilih Firefox.

Nah, dengan keluarnya Firefox 3.6 ini, ternyata banyak kejutan-kejutan kecil yang muncul. Yang paling kelihatan, tiba-tiba si Firefox ini sudah pintar berbahasa Indonesia. Saya mencoba membuka satu demi satu tab. Sambil saya amati berapa memori yang terpakai. Ternyata ketika saya membuka 5 TAB, wow sudah terpakai 120.000 K. Sempat ciut nyali untuk membuka lebih banyak TAB. Namun tetap saya lakukan juga. Hingga 60 TAB, ternyata penggunaan memori tetap di kisaran 700.000 - 800.000 K.

Tapi yang paling menyenangkan, komputer saya sudah tidak terseok-seok lagi ketika melakukan itu semua. Jadi, nampaknya saya sudah bisa kembali ke Firefox lagi nih ... Sementara Chrome-nya disimpan dulu sebagai cadangan.

1 comment:

Anonymous said...

hmmm...sepertinya saia perlu mencoba tuh mas...
saran saia, klo utk buka situs jejaring macam fesbuk dan konco2ne, mending pke flock.