Saturday, May 31, 2008

Berjuang Sekuat Tenaga Menjaga Devisa Negara

Sudah tentu kita sering mendengar slogan TKI/TKW adalah pahlawan devisa. Namun tidak semua kita tahu mengapa bisa demikian adanya.

Jawabannya tentu mudah saja. Setiap warga negara Indonesia yang bekerja di negara lain, dan kemudian membelanjakan penghasilannya di Indonesia, maka dengan demikian telah terjadi pemasukan devisa untuk negara kita. Sama halnya bila kita melakukan eksport ke negara lain. Juga menyebabkan pemasukan devisa untuk negara kita. Dengan semakin banyak wisatawan asing bertandang ke negeri ini, maka secara otomatis mereka akan membelanjakan uangnya di Indonesia, sehingga ini juga akan menjadi pemasukan devisa untuk negara kita.

Sebaliknya, bila kita melakukan import barang, maka devisa negara kita akan berkurang. Sama halnya bila kita menggunakan uang kita hasil dari bekerja di dalam negeri untuk dibelanjakan di luar negeri. Atau kita bepergian ke luar negeri, ini juga dapat menyebabkan devisa negara kita berkurang.

Masih banyak hal-hal yang menyebabkan devisa negara kita berkurang :
- menggunakan barang/jasa dari Perusahaan Modal Asing
- menggunakan barang/jasa dari waralaba perusahaan asing
- menggunakan internet secara terus menerus ke situs2 asing

Nah, dari apa yang saya tulis di atas, tentu sudah selayaknya kita bisa mengira-ngira ke mana arah pembicaraan saya dalam kaitannya dengan judul di atas.

Beberapa hal kecil yang bisa kita lakukan adalah :
- Berjuang sekuat tenaga untuk tidak membeli produk asing, melainkan lebih mengutamakan menggunakan produk dalam negeri
- Berjuang sekuat tenaga untuk membeli barang/jasa kebutuhan sehari-hari ke tempat-tempat yang permodalannya asli milik bangsa sendiri, atau lebih baik belanja di warung sebelah rumah saja.
- Berjuang sekuat tenaga untuk membeli buku, majalah, dan lain-lain ke toko-toko yang permodalannya asli milik bangsa sendiri, atau lebih baik beli majalah atau buku-buku di kios-kios majalah tepi jalan.
- Berjuang sekuat tenaga untuk mengkonsumsi makanan di restoran-restoran yang permodalannya milik bangsa sendiri, atau waralaba dari bisnis bangsa sendiri.
- Berjuang sekuat tenaga untuk bepergian ke luar negeri seperlunya saja. Bila terpaksa harus bepergian ke luar negeri, usahakan untuk sehemat mungkin. Atau sekalian saja bekerja di luar negeri.

Sedikit hal di atas mudah-mudahan bisa menurunkan pengurangan devisa negara kita.

Nah, sekarang pertanyaannya, apa sih untungnya berusaha agar devisa tidak berkurang ?
Jawaban saya serahkan kepada Anda masing-masing.


2 comments:

yudhabs said...

Selain menjaga agar devisa tidak berkurang dengan cara-cara diatas, bisa juga dengan berjuang menambah devisa negara dengan banyak menjual barang-barang kita keluar negeri.

Agent Of Change said...

slama ini saya juga sedang mensosialisasikan ttg devisa ini bang, tapi saya belum faham mengenai penurangan devisa melalui 'mengunjungi situs asing'. kenapa ya?
stau sy cuma masalah klik iklan yg uang iklannya nnti tertuju ke pemilik web.

silahkan bergabung juga di fb ttg devisa ini juga, search SAVE:Dompet Bangsa