Saturday, December 15, 2007

Pemerintah, Karbon, Dan Paperless

"Pak, siapkan laporan administrasi pekerjaan proyek sebanyak 5 bendel",demikian pinta seorang pegawai Pemda yang mempercayakan proyek IT-nya kepada perusahaan kami.

Berkas laporan setebal 200 halaman, harus di print, kemudian di copy sebanyak 5 kali. Untuk selanjutnya digunakan sebagai kelengkapan syarat-syarat administrasi. Yang ujung-ujungnya tidak akan digunakan, alias hanya akan menjadi salah satu penghuni gudang arsip.

Berarti ada1000 lembar kertas terbuang percuma. Itu hanya dari 1 proyek. Bayangkan bila dalam 1 tahun ada 500 proyek. Kalikan pula dengan jumlah pemda tingkat II di Indonesia.

Setelah itu, bayangkan berapa banyak POHON di HUTAN harus ditebang untuk memenuhinya.

Hutan sebagai salah satu ornamen penting bumi ini sebagai penetralisir karbon yang dihasilkan oleh negara-negara di belahan bumi ini. Khususnya negara-negara industri, seperti Amerika, Eropa, Jepang, China, Taiwan, dan masih banyak negara lainnya.

Apa jadi nya bila hutan-hutan tersebut harus terbuang percuma hanya untuk memenuhi aturan pemerintah tentang berkas-berkas administrasi.

Andai saja pemerintah mau membuka hati, dan segera menerapkan konsep PAPERLESS di sebagian besar aktivitas administrasinya, tentu saja akan sangat membantu menjaga agar pohon-pohon tidak terlalu banyak ditebang. Tapi kapan hal ini akan segera terealisasi ?

No comments: