Saturday, November 03, 2007

Klavikula-ku : Rumah Sakit

Episode Sebelumnya :

Hasil foto rontgen yang saya lakukan di RS. Darus Syifa, segera saya tunjukkan pada dokter poli yang sedang bertugas. Dari beliau saya mendapatkan informasi kalau tulang klavikula saya patahnya agak jelek. Sehingga harus operasi. Biaya di rumah sakit tersebut kira-kira 5-7 juta.

Sesampai di rumah, saya dan orang tua rundingan. Akhirnya diputuskan untuk mencoba mencari rumah sakit alternatif. Siapa tahu biayanya bisa lebih murah. Dipilihlah RSUD Dr. Sutomo.

Setelah Isya, kami segera berangkat menuju ke IRD RSUD Dr. Sutomo. Setelah melalui beberapa prosedur, akhirnya saya mulai ditangani oleh Dokter jaga bagian bedah di IRD tersebut. Saya pun disarakan untuk melakukan foto rontgen sekali lagi sebagai bahan perbandingan dengan foto rontgen sebelumnya. Ternyata di RSUD Dr. Sutomo biaya yang dikeluarkan diperkirakan 5-10 juta.

Pada saat rembukan orang tua rembukan tentang pilihan yang mau diambil, saya ditangani oleh dokter. Pundak saya diikat sedemikian rupa, sehingga saya merasa lebih nyaman. Berikutnya saya dirujuk untuk kembali memeriksakan diri ke poli setelah seminggu kemudian.

Malamnya, sepulang dari RS Dr. Sutomo, diskusi kembali dilangsungkan. Beberapa keluarga dekat turut datang, sambil mengargumentasikan pendapatnya. Akhirnya diputuskan untuk mencoba ke Sangkal Putung terlebih dahulu. Kebetulan ada tetangga saudaraku yang baru saja sembuh dari patah tulang setelah berobat ke salah satu Sangkal Putung. Salah satu pertimbangan adalah karena dokter yang mengubah rujukan periksa kembali ke poli dari 3 hari menjadi seminggu.

No comments: