Wednesday, October 24, 2007

Nokia Siapkan Symbian S60 Berlayar Sentuh


Nokia akan memperkenalkan inovasi terbaru untuk sistem operasi Symbian S60 yang memudahkan para vendor, pengembang, dan operator dalam merancang jenis handset terbaru, aplikasi, juga layanan.

Antarmuka layar sentuh di peranti lunak S60 menawarkan peluang untuk pengembangan beragam metode akses, seperti penggunaan papan ketik tradisional, papan ketik QWERTY, atau layar sentuh saja tanpa menggunakan papan ketik.

Teknologi sensor pada sistem operasi ini juga dikembangkan ke area baru. S60 memiliki teknologi yang memberikan pengalaman kinetik bagi pengguna dan berguna untuk pengembangan aplikasi baru, terutama bagi pengembang aplikasi permainan.

Sistem operasi S60 akan menjadi platform perangkat lunak pertama yang mengantarkan pengalaman web video. Flash video kini terintegrasi ke dalam Web Browser. Pengguna dapat melihat situs yang menggunakan teknologi flash video, seperti YouTube di dalam handset seperti pada desktop.

"Kami melihat pengalaman konvergensi dan pengguna menuntut fungsi yang lebih banyak lagi. Fokus dari strategi kami adalah untuk memberikan pilihan dan kemudahan penggunaan," ujar Matti Vanska, Vice President Mobile Software Sales & Marketing Nokia, melalui siaran persnya.

Teknologi terbaru ini akan tersedia pada 2008. S60 menguasai pangsa pasar global sebesar 53% pada kuartal kedua 2007. (Sumber: Bisnis.com)

No comments: