Sunday, March 18, 2007

F1 Race : Melbourne 2007



18 Maret 2007, di Melbourne, Australia tepatnya pukul 14.00 waktu setempat dimulailah ajang balap kelas 1 yang diberi label Formula One untuk musim balap 2007. Banyak sekali perubahan terjadi di musim kali ini. Mulai dari pembalap masing-masing tim, regulasi balap, hingga supplier ban yang kini cuma satu saja.

Tim-tim unggulan yang sejak musim ujicoba, sudah mulai menunjukkan taringnya, ternyata berlanjut hingga session practice dan qualification pada jumat dan sabtu hari sebelumnya. Antara lain seperti Ferrari, McLaren, dan BMW.

Pada sessi kualifikasi, ada beberapa kejutan. Diantaranya SuperAguri dengan Sato dan Davidson yang berhasil menempati posisi 10 dan 11. Sementara Honda hanya mampu menempatkan Button dan Barrichello pada posisi 14 dan 17.

Selain itu, Ferrari yang digadang-gadang mampu menjuarai race Melbourne ini menempatkan kedua pembalapnya pada posisi yang sangat kontras. Kimi yang berhasil pole position, sementara Massa harus memulai balapan dari posisi 22. Karena pada kuliafikasi Massa tersandung oleh kerusakan gearbox sehingga tidak mampu melanjutkan ke babak 3 kualifikasi. Sehingga hanya mampu menduduki posisi 16. Aturan mundur 10 grid pun harus diterimanya setelah harus mengganti mesin.

Sementara itu, posisi di belakang Kimi ditempati oleh Alonso, Heidfeld, Hamilton, dan Kubica.

START dimulai.

Belokan pertama yang menjadi target dari setiap pembalap menyuguhkan atraksi yang lumayan menarik. Heidfeld mampu mencuri posisi 2, sementara Alonso harus merelakan dilewati oleh Hamilton, teammatenya di McLaren. Sementara Davidson harus merelakan posisinya karena mobilnya diseruduk oleh Sutil.

Dalam beberapa lap, Massa yang memulai balapan dari posisi 22 mulai menunjukkan kelasnya dengan berhasil melalui beberapa pembalap.

Pada lap 38, Kimi sudah berhasil mengoverlap beberapa pembalap, sementara Massa sudah mencapai posisi 10. Sementara di belakang kimi bersaing antara Alonso dan Hamilton. Sementara Kubica yang cukup bersinar pada minggu ini, harus menyerah karena kerusakan mesin.

Pada lap 41, Kovalainen melintir di rumput, sementara Massa sudah berhasil mencapai posisi 8. Benar-benar perjuangan yang sangat hebat dari seorang Massa. Bahkan ketika Kimi pitstop yang kedua, Massa telah berhasil memperbaiki menjadi posisi ke 7.



Sementara Hamilton harus pitstop lebih dahulu, merelakan posisi keduanya pada Alonso. Dan berlanjut hingga Alonso keluar dari pitstop keduanya. Bisa jadi karena adanya kendala dengan ban Soft yang digunakan, atau karena kemacetan yang terjadi setelah dia keluar dari pit. Salah satunya ketika harus terhalang cukup lama oleh Sato.

Lap 51, Coulhard harus keluar setelah mobilnya melompati mobil Wurz, ketika sedang berusaha mendahului Wurz pada sebuah tikungan. Sementara Massa sudah bertengger di posisi 6 di belakang Fisichella yang berada di posisi 5. Di depannya, posisi Kimi - Alonso - Hamilton - Heidfeld masih tetap bertahan.

Lap 53 hingga 56 terjadi persaingan seru antara Fisichella dengan Massa. Massa berhasil merapatkan mobilnya hingga di bawah 0.5 detik. Sebuah perjuangan untuk memperebutkan posisi 5 atau 4 point.

Lap 56, Kovalainnen, teammate dari Fisichella di Renault berusaha mendahului Trulli untuk memperebutkan posisi 9.

Lap terakhir, Kimi berhasil melenggang dengan tenang untuk menjuarai race. Kemenangan yang dinanti-nantikannya semenjak berhasil menjuarai Suzuka 2005 bersama McLaren. Kemenangan itu juga merupakan kemenangan terakhir McLaren. Pasangan pembalap McLaren, Alonso dan Hamilton, berhasil mendampingi Kimi untuk merebut podium.

Hasil Balapan :
- Kimi Raikkonen, Ferrari
- Fernando Alonso, McLaren
- Lewis Hamilton, McLaren
- Nick Heidfeld, BMW
- G. Fisichella, Renault
- Felipe Massa, Ferrari
- Nico Rosberg, William
- Ralf Schumacher, Toyota
- dan seterusnya

Klasemen Konstruksi :
- McLaren
- Ferrari
- BMW
- dan seterusnya

Dengan hasil ini, harapan Kimi sebagai WDC dan McLaren sebagai WCC sudah menunjukkan jalan yang benar.

Salut untuk Kimi, Alonso, dan Lewis Hamilton untuk semua usahanya dan di tahun pertama kalian di lingkungan yang baru. Kimi yang baru tahun pertama di Ferrari. Alonso yang baru tahun pertama di McLaren. Dan Hamilton yang baru tahun pertama di Formula One.




No comments: