Thursday, July 02, 2009

Merokok Dapat Memicu Kerusakan Otak

Dikutip dari : http://www.kalbe.co.id

Kalbe.co.id - Para peneliti mengatakan bahwa ada kaitan langsung antara merokok dan kerusakan otak.

Para ilmuwan menemukan bahwa salah satu kandungan dalam tembakau memicu sel darah putih dalam sistem saraf pusat untuk menyerang sel-sel sehat, yang mengakibatkan kerusakan saraf yang parah. Studi ini dipublikasikan di dalam Journal of Neurochemistry edisi Juli 2009.

Senyawa ini, NNK, adalah prokarsinogen, yang berarti telah menyebabkan kanker ketika diubah oleh proses metabolisme tubuh. NNK tidak menimbulkan kerusakan langsung ke sel otak, tetapi nampaknya menyebabkan peradangan saraf yang mengarah pada gangguan seperti multiple sclerosis.

Para ilmuwan di National Brain Research Center di India menemukan bahwa peningkatan NNK akibat stres yang berhubungan dengan protein penanda pro-inflamasi dan protein efektor pro-inflamasi, seperti sitokin, yang bertindak sebagai utusan molekular antar sel.

Hal ini menunjukkan bahwa pemicuan NNK menimbulkan respons dari sel-sel kekebalan di otak, yang disebut mikroglia. Para peneliti menambahkan, biasanya mikroglia menyerang sel rusak atau sel tidak sehat, tetapi ketika dipancing oleh NNK, mereka menyerang sel-sel otak yang sehat.

Menurut pimpinan peneliti Dr Anirban Basu dalam rilis berita,"Temuan kami membuktikan bahwa senyawa NNK dalam tembakau dapat mengaktifkan mikroglia secara signifikan, yang kemudian merusak sel-sel saraf".

Karena NNK ada di dalam semua produk tembakau, ia juga dapat memasuki tubuh dengan cara dikunyah. Perokok pasif juga mengandung tinggi NNK dan dapat memiliki efek yang merugikan pada otak.

9 comments:

Anonymous said...

MEMBACA TULISAN INI MEMBUAT ORG JD STRESS , JD SEBAIK NYA ANDA HAPUS AJA, KITA SEBENAR NYA TERLALU PERCAYA DAN TAQLID BUTA. LEBIH BAIK ANDA BELAJAR TASSAWUF, DARI PADA BELAJAR DARI ORG - ORG KAFIR.

Anonymous said...

BAHKAN SAYA PERNAH BACA,BHW ROKO DPT MEMBUAT iQ JONGKOK, PERLU ANDA KETAHUI ALBERT IENSTIEN JG MEROKO, PERNAH GA LIAT PHOTO NYA LG MENGHISAP PIPA..

Salim Suharis said...

Mungkin contoh dari kerusakan otak bisa ditunjukkan dari cara memberi komentar pada sebuah artikel. Sebagaimana komentar sebelumnya, yang mengomentari artikel ini.

Anonymous said...

Yang membuat saya jadi bego adalah bhw roko dpt berakibat kebutaan.apa nda salah tuh lha aku jd kaya org bego.

Anonymous said...

tembakau bisa sembuh kan radang otak , aku prnh baca d koran jawa post.ARTIKEL INI SANGAT MEGADA NGADA.Aku pernah sakit kepala trus isap roko langsung plong...

Anonymous said...

SALIM SUHARIS BONGOL...

Salim Suharis said...

Ini bukan masalah bongol atau tidak bongol :)

Saya hanya menyampaikan artikel yang menurut saya memang perlu untuk disampaikan

Anonymous said...

ARTIKEL INI MUNGKIN SPAM.

Anonymous said...

Sudah lama gak berkomentar, smoga kita semua sehat dan panjang umur, dan dlm lindungan Allah swt.Hidup bahagia, amin ya rabbal alamin,mohon maaf ats segala kesalahan.