Friday, January 23, 2009

Bye Bye Diapers

Mungkin judul sebagaimana tertulis di Title yang sedang dikumandangkan Adissya berkali-kali. Sebagai orang tua yang sok moderen, memang saya dan istri memanfaatkan diapers agar tidak terganggu oleh kesibukan ngepel lantai karena pipis, atau harus bangun malam karena Adissya ngompol.

Namun sejak mulai berumur 20 bulan, Adissya mulai menunjukkan tanda-tanda tidak nyaman untuk menggunakan diapers. Akhirnya dengan keteguhan hati, kami sepakat untuk lagi-lagi menjalankan misi toilet training untuk Dissya. Lho kok lagi-lagi ?

Memang betul sejak sebelum umur 18 bulan (1.5 tahun), kami sudah mulai mencoba untuk menjalankan program toilet training untuk Adissya. Namun karena banyak hampatan yang menghalanginya, akhirnya kami kembali membungkus Adissya dengan diapers lagi.

Namun untuk yang sekarang ini lain. Karena ke empat mbahnya, saya, serta mamanya Dissya, semua sudah sepakat. Inilah waktunya untuk menerapkan toilet training untuk Adissya.

Hasilnya memang cukup memuaskan. Tercatat dalam 10 hari terakhir, Adissya sudah tidak pernah lagi pipis sembarangan. Ngompol ketika tidur pun hanya sekali saja terjadi. Bandingkan dengan ketika kami menerapkan toilet training. Bisa dibilang hampir tiap hari ada saja moment kami kecolongan karena Dissya sering terlambat memberikan warning. Maksudnya sudah pipis, baru bilang.

Sekarang Adissya sudah benar-benar bisa bergumam, "mungkin saya sudah tidak butuh diapers lagi. Karena saya sudah tau bagaimana caranya untuk pipis di kamar mandi".

No comments: