Monday, October 22, 2007

Kimi : Kemenangan Tanpa Banyak Bicara

Selamat untuk Kimi ...

Akhirnya musim 2007, diakhiri dengan kemenangan Kimi di Interlagos, sekaligus menjadikannya sebagai WDC 2007. Sebuah kemenangan yang terjadi ketika peluang itu sangat tipis. Bahkan hanya keajaiban yang mampu merealisasikannya.

Bermula dari GP Australia yang dimenangkan oleh Kimi, perjalanan musim 2007 sungguh sangat berkelok-kelok. Penuh drama dengan cucuran keringat dan air mata. Penuh intrik. Penuh tragedi di luar track. Layaknya sebuah telenovela yang membuat penggemarnya selalu ingin mengikuti perkembangan detik demi detik tentang apa yang terjadi. Baik itu yang terjadi di track, maupun yang terjadi di luar track.

Musim balap 2007, diikuti oleh 11 tim dengan 22 mobil yang dipertandingkan serta 26 pembalap, antara lain :
  • Vodafone McLaren Mercedes (MP4-22) - Fernando Alonso, Lewis Hamilton
  • ING Renault F1 Team (R27) - Giancarlo Fisichella, Heikki Kovalainen
  • Scuderia Ferrari Marlboro (F2007) - Felipe Massa, Kimi Räikkönen
  • Honda Racing F1 Team (RA107) - Jenson Button, Rubens Barrichello
  • BMW Sauber F1 Team (F1.07) - Nick Heidfeld, Robert Kubica, Sebastian Vettel
  • Panasonic Toyota Racing (TF107) - Ralf Schumacher, Jarno Trulli
  • Red Bull Racing (RB3) - David Coulthard, Mark Webber
  • AT&T Williams (FW29) - Nico Rosberg, Alexander Wurz, Kazuki Nakajima
  • Scuderia Toro Rosso (STR2) - Vitantonio Liuzzi, Scott Speed, Sebastian Vettel
  • Etihad Aldar Spyker F1 Team (F8-VII,F8-VIIB) - Adrian Sutil, Christijan Albers, Markus Winkelhock, Sakon Yamamoto
  • Super Aguri F1 (SA07) - Takuma Sato, Anthony Davidson
Saat sesi pembuka yang ditandai dengan gelaran F1 di Albert Park - Melbourne - Australia, sudah berhasil menyuguhkan tontonan menarik dengan hasil yang memuaskan. Kimi yang pertama kali di balik kemudi Ferrari berhasil menjadi juara. Sementara Alonso yang pertama kali di balik kemudi McLaren berhasil meraih podium kedua. Sedangkan Hamilton yang merupakan rookie berhasil meraih podium ketika, dari start di urutan 4.

Race demi race berlanjut, dengan persaingan seru antara McLaren, Ferrari, dan BMW. Sementara William, Renault, Toyota, dan Redbull Racing bersaing seru di papan tengah.

Hingga race ke-9 di Inggris, Hamilton yang masih merupakan rookie, berhasil tercatat sebagai rookie pertama yang nangkring di podium 9 berturut-turut pada 9 race pertama. Pada race tersebut, Hamilton yang berharap meraih juara di kandangnya, harus melorot di urutan ke-3 di bawah Kimi dan Alonso. Padahal Hamilton memulai balapan sebagai pemegang pole.

Di Nurburgring, balapan diwarnai dengan hujan yang mengguyur lintasan ini, membuat race European Grand Prix ini menjadi salah satu balapan paling amburadul. Banyak pembalap terpaksa harus parkir berjamaah di turn 5 yang baru diberi nama Schumacher S corner. Balapan ini akhirnya dimenangi oleh Alonso, dengan hanya menyisakan 13 pembalap yang berhasil melewati garis finish. Hamilton yang pada saat kualifikasi harus mengalami kecelakaan, akhirnya harus menerima balapan pertamanya tanpa point di musim ini. Sementara Kimi harus berakhir sebelum finish karena faktor hidrolik.

Pada pertengahan Juli 2007, McLaren harus dihantam masalah yang besar. Kasus Spygate atau Stepneygate yang terjadi, dimana ditemukan 780 dokumen teknis Ferrari di rumah Mike Coughlan setelah istrinya men-copy dokumen tersebut di sebuah layanan copy center. Dokumen tersebut berasal dari Nigel Stepney yang diketahui sejak Februari 2007 menyatakan ketidaksenangannya berada di tim Ferrari. McLaren dinyatakan bersalah karena menyimpan data tim lain, namun tidak dihukum karena tidak ditemukan material Ferrari pada mobil McLaren. Ferrari tidak terima. Dan berusaha mengajukan banding, yang menyebabkan diagendakan hearing pada tanggal 13 September 2007.

Mulai GP Hungaria, perjalanan Formula1 musim ini mulai memasuki masa-masa menegangkan. Pada kualifikasi Alonso berhasil merebut pole. Namun harus diganjar hukuman melorot ke posisi 6, karena dianggap sengaja menahan Hamilton pada saat pitstop yang menyebabkan Hamilton tidak mampu menyelesaikan usahanya mengejar posisi. Sementara Hamilton yang semula di posisi 2 akhirnya memulai balapan dari posisi pole dan akhirnya berhasil memenangi balapan. Namun sial bagi McLaren karena harus mendapat hukuman tidak mendapatkan 15 point yang menjadi haknya, karena dianggap sengaja menahan Alonso beberapa detik.

Pada 13 September 2007, akhirnya McLaren harus menerima kenyataan timnya bersalah. Dan harus dihukum pencoretan semua point yang berhasil dihimpun, serta harus membayar denda 100 juta dolar. Hal ini setelah ditemukan bukti adanya perbincangan tentang material Ferrari oleh MC, FA, dan PdR melalui email dan sms. Pada saat itu, Alonso tidak bersedia hadir dan lebih memilih untuk berkonsentrasi menghadapi balapan di Spa - Belgia.

Balapan Fuji, sebagai pengganti Suzuka Grand Prix, menyuguhkan tontonan menarik di bawah kondisi cuaca yang tidak menentu. Diawali dengan balapan beriringan di belakang SC di hampir 20 lap. Alonso yang mengalami kendala di mobilnya, sehingga kesulitan untuk mengontrol laju mobilnya hingga menghantam tembok. Sementara Hamilton berhasil merebut juara. Pada balapan ini juga terjadi insiden di belakang SC. Vettel harus menghantam Webber, ketika Webber berusaha mengerem laju mobilnya, karena Hamilton dianggap mengerem secara mendadak. Selain itu Renault juga berhasil mencapai prestasi terbaiknya musim ini dengan menempatkan HK di podium kedua.

Andai di China Hamilton tidak melakukan kesalahan, mungkin sejarah akan mencatat rookie pertama yang menjadi WDC. Karena kesalahan tersebut Hamilton tidak mendapat tambahan point, sementara Kimi dan Alonso mampu merapatkan jarak hingga selisih 4 dan 7 point dari Hamilton.

Race terakhir di Brazil, menyuguhkan tontonan paling mendebarkan di musim ini. Hal ini wajar saja mengingat ada 3 pembalap yang berpeluang menjadi WDC dengan berbagai skenario yang diulas di berbagai media. Dimulai dengan pole kualifikasi yang direbut oleh Massa. Dibelakangnya ada Hamilton, Kimi, dan Alonso. Dengan hasil ini saja, sudah terlihat peluang Hamilton menjadi WDC paling besar.

Race dimulai, Massa dengan halus berhasil menutup jalan Hamilton sehingga Kimi berhasil naik ke posisi 2. Berikutnya, karena tertahan oleh Kimi, Hamilton harus rela didahului oleh Alonso. Dengan sedikit memaksa, Hamilton yang berusaha merebut kembali posisi dari Alonso harus melebar dan turun ke posisi 7. Beberapa lap kemudian Hamilton berusaha memperbaiki posisi. Namun sayang sekali kendala mesin harus menghampiri Hamilton. Walau tidak sampai DNF, Hamilton harus rela berjuang dari posisi 18. Hingga saat ini, peluang terbesar ada pada KR dan FA. Menjelang lap-lap akhir, Kimi berhasil mendahului Massa, sementara FA masih berada beberapa detik di belakangnya. Pada saat bersamaan, Hamilton sudah berada di posisi 7 kembali. Hingga saat ini peluang terbesar ada pada Kimi, karena Hamilton dengan usahanya yang keras tetap akan sulit mengejar ketinggalan dari Heidfild yang berada di posisi 6. Apalagi harus merebut posisi 5. Karena jika berhasil merebut posisi 6 pun, yang menjadi WDC tetap Kimi, karena Kimi berhasil menjadi juara 6 kali sementara Hamilton baru 4 kali.

Akhirnya, race berakhir. Kimi, Massa, dan Alonso berhasil mencapai podium. Sementara Hamilton tetap tertahan di posisi 7. Dengan demikian point Kimi 1 angka lebih baik dari duo McLaren yang sama-sama mengumpulkan angka 109. Sedangkan runner up direbut oleh Hamilton yang menduduki podium kedua lebih sering dari pada Alonso.

Begitu race Brazil berarkhir dengan Kimi sebagai juara, sekaligus WDC 2007, maka berakhir pula gelaran balap formula one musim ini. Nafas panjang saya tarik beberapa kali, setelah mengikuti race yang hanya berjumlah 17 kali namun serasa bertahun-tahun.

2 comments:

Anonymous said...

Kimi Raikkonen mang dah ditakdirkan untuk WDC 2007. Setelah penantian panjang dari KIMI LOVERS, akhirnya WDC bisa diraih juga.
Mas Salim sering-sering yaa nulis ttg F1.. Biar blognya jd blog favorit Uniq hehehehe...
Duh season 2008, kayak lama bgt yaaa.. Gak sabar lg nih nunggu WDC Kimi yang kedua.. ;))
GO Kimi Go...

Anonymous said...

eh, tapi tunggu minggu depan. tunggu hasil sidang, soal bandingnya mclaren soal bahan bakar bmw+williams. bisa jadi raikkonen nggak jadi juara. bisa jadi hamilton jadi legenda, hehe.