Monday, October 16, 2006

Welcome PayPal

Tanpa sengaja, malam ini saya membuka-buka data salah satu mailing list (milis) yang saya ikuti. Dan, perhatian saya langsung tertuju pada postingan salah satu member dari milis tersebut tentang Paypal.

Sebagaimana diketahui, PayPal adalah salah satu media untuk urusan pembayaran pembelian, penerimaan dana, transfer, dan lain sebagainya. Pokoknya berkaitan dengan bayar membayar yang sering digunakan untuk transaksi melalui media internet. Banyak situs-situs yang memanfaatkan PayPal sebagai sarana untuk membayarkan biaya registrasi, biaya bulanan anggotanya, dan lain sebagainya. Banyak pula situs-situs yang berjualan sesuatu mewajibkan calon pembelinya untuk menggunakan media PayPal ini. Informasi lebih detail, ada di sini.

Nah, yang menjadi permasalahan adalah, PayPal tidak menerima pengguna yang memanfaatkan credit card terbitan Indonesia. Atau dengan kata lain, orang Indonesia ditolak oleh PayPal. Hal tersebut menandakan seberapa kritis image Indonesia di dunia maya ini.

Kini, saya sendiri kurang tahu persisnya sejak kapan, PayPal telah mencantumkan Indonesia sebagai salah satu negara jaringan PayPal.





Setidaknya, beberapa keinginan bertransaksi di internet, yang sebelumnya tidak bisa saya lakukan karena kendala PayPal ini, akhirnya dapat saya realisasikan dikemudian hari. Walau pada saat ini, saya sendiri belum tahu akan saya manfaatkan untuk apa.

1 comment:

Eddy Fahmi said...

untuk indonesia, paypal masih bisa dipake untuk mbayar saja, belom bisa untuk nerima bayaran hehe.

tapi beberapa teman di indonesia sudah lebih dulu pake e-gold (www.e-gold.com) untuk transaksi via internet.